Desain Penelitian
Hello everyone!! Welcome to my blog.
Kali ini aku akan membahas mengenai materi Desain Penelitian (pt. 03) untuk memenuhi tugas mata
kuliah Penelitian Kualitatif offering P7 yakni tugas Deskripsi Novelty dan Analisis Kritis Artikel.
Artikel yang aku gunakan membahas mengenai “ANALISIS KUALITATIF STRATEGI
PEMBELAJARAN GURU FISIKA: RELEVANSINYA DALAM PENGEMBANGAN MOTIVASI BERPRESTASI
DAN SELF-EFFICACY SISWA”. Yuk simak penjelasannya..
Analisis
Kritis :
· Tujuan Penelitian :
(1) Mendeskripsikan strategi
pembelajaran yang diciptakan oleh guru fisika pada siswa kelas XI IPA 1 di SMA
Negeri 1 Singaraja, (2) Mendeskripsikan motivasi berprestasi siswa kelas XI IPA
1 pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Singaraja, (3) Mendeskripsikan
self-efficacy siswa kelas XI IPA 1 pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 1
Singaraja, serta (4) Mendeskripsikan relevansi strategi pembelajaran guru
fisika dalam pengembangan motivasi berprestasi dan selfefficacy pada siswa
kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Singaraja.
· Metode Penelitian :
Desain penelitian ini adalah kualitatif.
Pelaksanaan penelitian dilakukan melalui tiga tahap, yakni: (1) tahap
pra-lapangan, (2) tahap lapangan, dan (3) tahap pasca lapangan. Penelitian ini
dilaksanakan di SMA Negeri 1 Singaraja pada Tahun Ajaran 2016/2017
· Hasil Penelitian :
(1) Strategi pembelajaran guru fisika di
SMA Negeri 1 Singaraja di kelas XI IPA 1 adalah strategi pembelajaran berbasis
masalah, yang mengacu pada pemecahan masalah kontekstual melalui diskusi
kelompok. Bahan/materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, metode/strategi
pembelajaran, alat/media pembelajaran, serta sumber pembelajaran tergolong
baik; (2) Motivasi berprestasi siswa kelas XI IPA 1 pada pembelajaran fisika di
SMA Negeri 1 Singaraja tergolong tinggi. Aspek tanggung jawab,
mempertimbang-kan risiko pemilihan tugas, selalu berusaha, suka menerima umpan
balik atas perbuatan atau tugas yang dilakukan, memiliki keinginan untuk
menjadi yang terbaik dan terlihat unggul, inovatif, dan suka bersaing sudah
tampak pada siswa dan tergolong tinggi; (3) Self-efficacy siswa kelas XI
IPA 1 pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 1 Singaraja tergolong cukup
tinggi. Aspek strength (kekuatan), dan generality (generalitas)
sudah ditemukan pada diri siswa dan tergolong tinggi; (4) Relevansi strategi
pembelajaran guru fisika dalam pengembangan motivasi berprestasi dan
self-efficacy pada siswa kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Singaraja mengacu pada
aktivitas pembelajaran yang memicu motivasi berprestasi dan selfefficacy siswa.
Novelty :
Pada artikel tersebut
terdapat novelty yaitu data dikumpulkan dengan menggunakan
metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi data dengan pemberian
kuesioner mengenai motivasi berprestasi dan self-efficacy. Sumber data penelitiannya
yaitu 1 orang guru fisika yang mengajar di kelas XI IPA 1 serta 5 orang siswa
kelas XI IPA yang masing-masing diperoleh secara purposive sampling dan snowballs
sampling. Purposive sampling adalah salah satu teknik sampling non random sampling dimana peneliti
menentukan pengambilan sampel dengan cara menetapkan ciri-ciri khusus yang
sesuai dengan tujuan penelitian sehingga diharapkan dapat menjawab permasalahan
penelitian. Teknik snowballs sampling adalah suatu teknik dalam
pengambilan sampel dengan analogi seperti bola salju yang menggelinding.
Maksudnya bola salju yang menggelinding adalah sampel yang didapatkan mulanya
kecil, kemudian lama-kelamaan ketika menggelinding, bola salju tersebut akan
menjadi besar. Snowballs sampling ini
digunakan dalam penggunaannya memperhatikan sampel kecil, atau sampel yang
sesuai dengan kriteria-kriteria. Lalu, setelah sampel kecil tersebut terkumpul
maka selanjutnya adalah mencari sampel-sampel lain yang berdasarkan komunitas
sampel awal, dan selanjutnya sampai dengan sampel yang dibutuhkan terpenuhi.
Thank you
everyone!!
Artikel Desain Penelitian bisa diakses disini
No comments:
Post a Comment