Penelitian
Hello everyone!! Welcome to my blog.
Kali ini aku akan membahas mengenai materi Penelitian Kualitatif (pt.02) untuk memenuhi tugas mata kuliah Penelitian Kualitatif offering P7 yakni tugas Deskripsi Novelty dan Analisis Kritis Artikel.
Artikel yang aku gunakan membahas mengenai “METODE PENELITIAN KUALITATIF DALAM BIDANG BIMBINGAN DAN KONSELING”. Yuk simak penjelasannya..
Analisis Kritis :
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) pengembangan budaya Sekolah Dasar Negeri
(SDN) Kasihan, Bantul dalam pembentukan karakter siswa, (2) pengintegrasian unsur penilaian pendidikan karakter dalam kegiatan sehari-hari di sekolah dasar secara utuh, (3) bentuk kegiatan siswa dalam pelaksanaan pendidikan karakter melalui budaya sekolah, dan (4) hubungan pergaulan antar warga sekolah setelah mendapatkan pendidikan karakter melalui budaya sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode etnografik dengan pendekatan kualitatif, untuk memahami kehidupan masyarakat sekolah berdasarkan sudut pandang masyarakat sekolah yang bersangkutan. Subjek penelitian ini adalah siswa dan warga sekolah SD N Kasihan, Bantul. Sumber data penelitian adalah: (1) sumber tertulis, (2) sumber lisan, (3) artefak, (4) dokumen dan (5) rekaman. Teknik Pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan sejak, sebelum, selama, dan sesudah penelitian dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian sebagai berikut. (1) Guru dan kepala sekolah SD N Kasihan Bantul telah memahami budaya sekolah dan pendidikan karakter. (2) Pelaksanaan pendidikan karakter melalui budaya sekolah dalam mengintegrasikan mata pelajaran dengan nilai yang terkandung dalam pendidikan karakter sudah berjalan dengan baik dan signifikan dengan perkembangan perilaku siswa. (3) Kegiatan siswa telah berjalan dengan baik; siswa dapat mengikuti kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler sesuai dengan bakat dan minatnya. (4) Hubungan pergaulan antarwarga sekolah berada dalam suasana kondusif dan harmonis.
Novelty :
Pada artikel tersebut tidak ditemukan noveltynya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain penelitian etnografi. Etnografi merupakan pekerjaan mendeskripsikan suatu kebudayaan yang tujuan utamanya adalah untuk memahami suatu pandangan hidup dari sudut pandang penduduk asli. Penulis menyimpulkan bahwa model pendidikan karakter dengan pendekatan komprehensif terintegrasi dalam pembelajaran bidang studi dan pengembangan kultur terbukti efektif untuk meningkatkan hasil studi dan aktualisasi nilai-nilai target yang dikembangkan, karena mengutip dari hasil penelitian Zuchdi dkk. (2011) yang telah melakukan penelitian pendidikan karakter dengan judul Model Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran dan Pengembangan Budaya Sekolah. Dalam penelitian tersebut disimpulkan bahwa pendidikan karakter dengan pendekatan komprehensif yang terintegrasi dalam pembelajaran bidang studi, disertai dengan pengembangan budaya sekolah dapat meningkatkan karakter murid dengan dijembatani oleh pembentukan KPK (Komite Pendidikan Karakter) atau divisi pendidikan karakter dalam komite sekolah yang sudah ada.
Thank you everyone!!
Artikel Memahami Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan bisa diakses disini
No comments:
Post a Comment