Sunday, November 13, 2022

Penelitian Kualitatif

 Penelitian Kualitatif : Title, dan Introduction

    Hello everyone!! Welcome to my blog.

Kali ini aku akan membahas mengenai materi Penelitian Kualitatif (pt.05) untuk memenuhi tugas mata kuliah Penelitian Kualitatif offering P7 yakni tugas Deskripsi Novelty dan Analisis Kritis Artikel.

Artikel yang aku gunakan membahas mengenai “Introduction of Covid-19 in Early Childhood through traditional game of congklak”. Yuk simak penjelasannya..

Analisis Kritis :

-Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan anak usia dini dalam mengenalkan Covid-19 melalui permainan congklak.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif.

-Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak di PAUD Permata Bunda Desa Koto Iman, yang berjumlah 20 anak yang berusia 4-6 tahun.

-Pengumpulan data dilakukan dengan observasi atau pengamatan langsung dan wawancara.

-Dari hasil penelitian menujukkan bahwa, dengan mengenalkan Covid-19 pada anak usia dini melalui permainan congklak, anak dapat memilki pemahaman yang baik tentang Covid-19. Hal ini terlihat saat anak diwawancara setelah melakukan simulasi penyebaran dan pencegahan penularan Covid-19, melalui permainan congklak, anak mampu mengenal gejala, cara penyebaran serta cara pencegahan Covid-19 yang dapat dilakukan.

-Latar belakang penelitian ini adalah karena kasus Covid-19 meningkat setiap harinya dan terjadi lonjatan kasus antara akhir Januari sampai awal Februari pada tahun 2020. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia tingkat penularan virus Covid-19 pada anak-anak di Indonesia termasuk tinggi, dan orang tua harus menerapkan tingkat kewaspadaan yang tinggi pada anak. Pembelajaran pada anak usia dini membutuhkan benda-benda konkrit, dikarenakan mereka mengenal konsep-konsep menggunakan simbolsimbol dan belajar dengan keadaan yang ada di dunia nyata pada situasi atau masalah yang dialami dalam kehidupan sehari-hari. Permainan Congklak dapat menjadi salah satu cara mengenalkan Covid-19 pada anak dengan prinsip pengenalan konsep menggunakan simbol. Kasus Covid-19 meningkat setiap harinya dan terjadi lonjatan kasus antara akhir Januari sampai awal Februari pada tahun 2020. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia tingkat penularan virus Covid-19 pada anak-anak di Indonesiatermasuk tinggi, dan orang tua harus menerapkan tingkat kewaspadaan yang tinggi pada anak. Pembelajaran pada anak usia dini membutuhkan benda-benda konkrit, dikarenakan mereka mengenal konsep-konsep menggunakan simbolsimbol dan belajar dengan keadaan yang ada di dunia nyata pada situasi atau masalah yang dialami dalam kehidupan sehari-hari. Permainan Congklak dapat menjadi salah satu cara mengenalkan Covid-19 pada anak dengan prinsip pengenalan konsep menggunakan simbol.

Novelty :

Pada artikel tersebut tidak ditemukan noveltynya.

Artikel "Introduction of Covid-19 in Early Childhood through traditional game of congklak" dapat diakses disini

No comments:

Post a Comment

[11] Pengembangan Instrumen Pengukur HOTS

Hello everyone!! Welcome to my blog. Kembali lagi bersama aku Nahda.. Kali ini aku membahas mengenai Langkah Pengembangan Instrumen Pengukur...