Analisis Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pendidikan dalam Pengembangan
Multimedia Interaktif
Hello everyone!! Welcome to my blog.
Perkenalkan aku Nahda Hisanah, mahasiswi Prodi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang Angkatan 2020.
Kali ini aku akan membahas mengenai materi Hakikat dan Karakteristik Pembelajaran Fisika, pemanfaatan IPTEKS dan lingkungan alam sekitar dalam Pembelajaran Fisika, dan Kapabilitas Belajar Siswa untuk memenuhi tugas mata kuliah Model Pembelajaran Inovatif offering P9 yakni tugas Deskripsi Novelty dan Analisis Kritis Artikel.
Analisis Kritis :
- Salah satu media pembelajaran yang bisa digunakan untuk mengintegrasikan pembelajaran abad 21 yaitu pengetahun, keterampilan dan sikap, serta teknologi misalnya multimedia interaktif yang digunakan sebagai sumber media dalam pembelajaran, sehingga dapat menuntun peserta didik dalam memahami konsep. Berbagai penelitian yang telah dilakukan mengenai multimedia interaktif dalam pembelajaran, sekaligus merupakan salah satu bentuk untuk menerapkan landasan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai perkembangan zaman. Peneliti tertarik melakukan analisis landasan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap pengembangan multimedia interaktif.
- Jenis penelitian yang dilakukan termasuk penelitian deskriptif.Penelitian deskriptif ini merupakan sebuah penelitian yang bertujuan menggambarkan fenomena yang ada, baik fenomena alam maupun buatan yang akan diteliti, dan juga dapat menggambarkan proses yang terjadi serta menyajikan informasi penting dari variabel yang diteliti.
- Populasi pada penelitian ini adalah artikel yang terbit pada jurnal penelitian yang terpublikasi secara online tahun terbitan 2010-2019 tentang landasan ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan, serta artikel tentang multimedia interaktif. Sampel artikel dipilih dengan teknik sampling purposive (Arikunto, 2013; Sugiyono, 2012: 91; Nawawi, 2012)
- Hasil analisis beberapa artikel dapat diketahui bahwa penelitian tentang multimedia interaktif yang telah dilakukan memberikan dampak yang sangat positif terhadap peningkatan kompetensi peserta didik, baik sikap, pengetahuan dan keterampilan. Hal ini menggambarkan bahwa penguasaan teknologi pendidik maupun peserta didik dapat mempengaruhi sistem pendidikan Indonesia sesuai perkembangan zaman, sehingga menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Berdasarkan hasil analisis beberapa artikel tersebut juga menyatakan bahwa lembaga pendidikan, utamanya pendidikan jalur sekolah, haruslah mampu mengakomodasi dan mengantisipasi perkembangan IPTEK. Bahan ajar seyogyanya hasil perkembangan IPTEK mutakhir, baik yang berkaitan dengan hasil perolehan informasi, maupun cara memperoleh informasi itu dan memanfaatkanya bagi masyarakat. Dengan adanya kemajuan teknologi memungkinkan untuk dihasilkan media pembelajaran interaktif yang menarik dan menyenangkan untuk proses belajar mengajar.
- Kesimpulannya : Lembaga pendidikan, utamanya pendidikan jalur sekolah, haruslah mampu mengakomodasi dan mengantisipasi perkembangan IPTEK. Bahan ajaran seyogyanya hasil perkembangan IPTEK mutakhir, baik yang berkaitan dengan hasil perolehan informasi, maupun cara memperoleh informasi itu dan memanfaatkanya bagi masyarakat. Dengan adanya kemajuan teknologi memungkinkan untuk dihasilkan media pembelajaran interaktif yang menarik dan menyenangkan untuk proses belajar mengajar.
Novelty :
Terdapat novelty dari artikel tersebut. Peneliti ingin menganalisis landasan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap pengembangan multimedia interaktif. Dengan demikian salah satu caranya yaitu dengan menerapkan bahan ajar berbasis IPTEK salah satu contohnya ialah multimedia interaktif.
Thank you everyone!!
Artikel yang dibahas bisa diakses disini
No comments:
Post a Comment