Wednesday, February 8, 2023

[3] Model Pembelajaran Inovatif

 Teori Belajar Konstruktivistik, Kognitif dan Sosial dalam Pembelajaran Fisika

 Hello everyone!! Welcome to my blog.

Perkenalkan aku Nahda Hisanah, mahasiswi Prodi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang Angkatan 2020.

Kali ini aku akan membahas mengenai materi Teori Belajar Konstruktivistik, Kognitif dan Sosial dalam Pembelajaran Fisika untuk memenuhi tugas mata kuliah Model Pembelajaran Inovatif offering P9 yakni tugas Deskripsi Novelty dan Analisis Kritis Artikel.

Analisis Kritis :

-Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai teori pembelajaran yang diterapkan di sekolah.

-Metode yang digunakan adalah observasi dan studi literatur.

-Kegiatan observasi yang dilakukan adalah untuk menganalisis aplikasi teori belajar yang dilaksanakan di sekolah. Analisis dalam kegiatan observasi ini berangkat dari kegiatan pengamatan yang dilakukan oleh kelompok observer terhadap proses pembelajaran khususnya pembelajaran fisika di kelas. Analisis dilakukan untuk mengidentifikasi aplikasi teori belajar tertentu yang diterapkan dalam pembelajaran yang telah dilakukan.

-Hasil yang ditemukan dapat dikatakan bahwa penerapan teori pembelajaran di sekolah diantaranya : perpaduan aplikasi teori belajar kognitivisme yakni teori belajar bermakna David P. Ausubel dan teori belajar konstruktivisme yakni teori belajar Jean Piaget dan Vigotsky.

Novelty :

-Tidak terdapat novelty pada artikel tersebut. Kegiatan observasi sangat membantu para mahasiswa untuk mengenali, mengidentifikasi, serta melakukan analisis terhadap aplikasi teori-teori belajar. Secara khusus, kelompok observer melakukan pengamatan terhadap pembelajaran fisika.

Thank you everyone!!

Artikel yang dibahas bisa diakses disini

No comments:

Post a Comment

[11] Pengembangan Instrumen Pengukur HOTS

Hello everyone!! Welcome to my blog. Kembali lagi bersama aku Nahda.. Kali ini aku membahas mengenai Langkah Pengembangan Instrumen Pengukur...