Pengembangan Perangkat dan Model Pembelajaran Berbasis TPACK Terhadap Kualitas Pembelajaran Daring
Hello everyone!! Welcome to my blog.
Perkenalkan aku Nahda Hisanah, mahasiswi Prodi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang Angkatan 2020.
Kali ini aku akan membahas mengenai materi Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Fisika yang sesuai dengan karakteristik materi dan siswa dengan memanfaatkan Ipteks untuk mengembangkan kemampuan berpikir logis, kritis, sistematis, dan sikap ilmiah siswa (bagian 1) untuk memenuhi tugas mata kuliah Model Pembelajaran Inovatif offering P9 yakni tugas Deskripsi Novelty dan Analisis Kritis Artikel.
Analisis Kritis :
Tujuan Penelitian :
Mengetahui pengaruh pengembangan perangkat dan metode pembelajaran berbasis TPACK terhadap kualitas pembelajaran.
Penelitian ini dilakukan oleh SDN Petoran No. 154 untuk tahun ajaran 2020/2021,
subjek penelitian ini adalah guru SDN Petoran No. 154 Surakarta yang berjumlah 24 orang.
Jenis penelitian :
Penelitian kuantitatif.
Instrumen pengambilan data :
Dalam penelitian pengumpulan data ini, peneliti menggunakan teknik observasi, angket, dan dokumentasi.
Teknik analisis data :
Data yang diperoleh dianalisis dalam tahapan pengumpulan informasi, penyuntingan, pengkodean, tabulasi, analisis data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini, teknik analisis yang digunakan adalah uji-T dan uji-F.
Hasil penelitian :
Pengembangan kompetensi guru dalam penyusunan perangkat pembelajaran berbasis TPACK ternyata memiliki pengaruh dalam meningkatkan kualitas pembelajaran daring. Oleh sebab itu diharapkan guru bukan hanya membuat perangkat pembelajaran sebagai syarat administratif guru profesional saja tetapi mengaktualisasikan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah dikembangkan dibuat agar pembelajaran dapat terlaksana dengan baik. Terlebih saat siswa tidak belajar di kelas, tetapi belajar dari rumah mereka masing – masing.
Novelty :
Tidak ditemukan noveltynya.
Artikel yang dibahas bisa diakses disini
No comments:
Post a Comment