Tuesday, April 4, 2023

[9] Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Fisika yang sesuai dengan karakteristik materi dan siswa dengan memanfaatkan Ipteks untuk mengembangkan kemampuan berpikir logis, kritis, sistematis, dan sikap ilmiah siswa (bagian 3): Hand Out, File Presentasi, media interaktif, dan sumber belajar lainnya

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERUPA KOMIK PADA MATERI CAHAYA DI SMP

Hello everyone!! Welcome to my blog.

Perkenalkan aku Nahda Hisanah, mahasiswi Prodi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang Angkatan 2020. 

Kali ini aku akan membahas mengenai materi Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Fisika yang sesuai dengan karakteristik materi dan siswa dengan memanfaatkan Ipteks untuk mengembangkan kemampuan berpikir logis, kritis, sistematis, dan sikap ilmiah siswa (bagian 3): Hand Out, File Presentasi, media interaktif, dan sumber belajar lainnya untuk memenuhi tugas mata kuliah Model Pembelajaran Inovatif offering P9 yakni tugas Deskripsi Novelty dan Analisis Kritis Artikel.

Analisis Kritis :

Tujuan Penelitian :

Mengembangkan bahan ajar fisika berupa komik untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep fisika siswa SMP.

Jenis penelitian :

Penelitian dan Pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D untuk melakukan pengembangan bahan ajar fisika berupa komik. Tahapan dalam model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D meliputi, tahap pendefinisian (define) meliputi: (1) analisis awal-akhir, (2) analisis siswa, (3) analisis tugas dan analisis konsep, dan (4) spesifikasi tujuan pembelajaran. Tahapan perancangan (desain) terdiri dari 4 langkah, yaitu: (1) membuat tes; (2) pemilihan media yang sesuai untuk menyampaikan materi pelajaran; (3) format pemilihan; (4) rancangan awal berupa bahan ajar fisika. Tahap pengembangan (develop) meliputi: (1) validasi ahli; (2) uji pengembangan dengan siswa yang sesungguhnya. Hasil tahap (1) dan (2) digunakan sebagai dasar revisi untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar fisik. Tahap penyebaran (menyebarkan) meliputi: uji validasi, pengemasan, penyebaran dan pengadopsian.

Instrumen pengambilan data :

Instrumen perolehan data dalam penelitian ini adalah lembar validasi bahan ajar fisika dan lembar observasi. Metode perolehan yang digunakan adalah pemberian lembar validasi, pengamatan, dan tes. Penelitian ini dilaksanakan sampai uji pengembangan. Uji pengembangan terbatas yang dilakukan di SMP Negeri 7 Jember.

Hasil penelitian : 

Hasil uji pengembangan terhadap siswa SMP Negeri 7 Jember menunjukkan bahwa siswa sangat termotivasi dan sangat paham setelah pembelajaran menggunakan bahan ajar fisika berupa komik. Motivasi belajar siswa secara classical sebesar 89,93 %. Pemahaman konsep siswa secara classical sebesar 92,08 %. Siswa tidak mengalami kesulitan untuk menggunakan bahan ajar fisika berupa komik saat pembelajaran di kelas.


Novelty :

Pengembangan suatu bahan ajar fisika berupa komik menggunakan model pembelajaran direct instruction untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep fisika siswa.

Artikel yang dibahas bisa diakses disini

No comments:

Post a Comment

[11] Pengembangan Instrumen Pengukur HOTS

Hello everyone!! Welcome to my blog. Kembali lagi bersama aku Nahda.. Kali ini aku membahas mengenai Langkah Pengembangan Instrumen Pengukur...