PENGEMBANGAN LKPD TERINTEGRASI HOTS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK
Hello everyone!! Welcome to my blog.
Perkenalkan aku Nahda Hisanah, mahasiswi Prodi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang Angkatan 2020.
Kali ini aku akan membahas mengenai materi Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Fisika yang sesuai dengan karakteristik materi dan siswa dengan memanfaatkan Ipteks untuk mengembangkan kemampuan berpikir logis, kritis, sistematis, dan sikap ilmiah siswa (bagian 6): Lembar Validasi Silabus, RPP, Hand Out dkk, LKPD, dan Evaluasi Formatif untuk memenuhi tugas mata kuliah Model Pembelajaran Inovatif offering P9 yakni tugas Deskripsi Novelty dan Analisis Kritis Artikel.
Analisis Kritis :
Tujuan Penelitian :
Menghasilkan peserta didik dengan keterampilan yang diharapkan sesuai dengan tujuan pembelajaran kurikulum 2013 revisi 2018 terintegrasi HOTS dengan mengembangkan LKPD terintegrasi HOTS.
Jenis penelitian :
Metode penelitian menggunakan data deskriptif kualitatif.
Instrumen penelitian :
Instrumen dalam penelitian ini adalah dalam bentuk kuesioner validasi oleh ahli, kusioner kepraktisan keterlaksanaan pembelajaran, kusioner efektivitas produk yang dikembangkan, dan kuesioner motivasi belajar siswa.
Hasil penelitian :
Telah dihasilkan Lembar Kerja Peserta Didik terintegrasi HOTS yang layak dipakai
guna menaikkan motivasi belajar peserta didik. Kelayakan LKPD serta fitur pendidikan pendukung ditinjau dari analisis validasi, analisis kepraktisan, serta analisis keefektifan. LKPD terintegrasi HOTS memperoleh hasil validasi dari keempat bagian ialah: kelengkapan, penyajian, isi dan bahasa, secara universal dihasilkan skor rata-rata 4 serta masuk dalam kategori “Valid”.
Novelty :
Novelty dari penelitian ini adalah peneliti ingin mengembangkan LKPD terintegrasi HOTS, dengan tujuan peserta didik dapat melakukan kegiatan yang mengasah kemampuan mereka dalam menalar dan mengevaluasi sebuah permasalahan serta mengkomunikasikan hasil analisisnya.
Artikel yang dibahas bisa diakses disini.
No comments:
Post a Comment